One Day Trip to Solo (Jalan-Jalan Gak Tau Arah)

Happy New Years' Eve, guys!

Gak berasa udah mau tahun baru aja, Jogja semakin ramai dan padat gara-gara musim liburan ini. Tapi sayang banget bentar lagi liburan udah selesai, dan berarti harus masuk sekolah lagi. Agghhhhh tidak!
Tapi untungnya, sebelum liburan usai, aku sama 4 orang lain sahabatku liburan ke Solo. Yeaaay!

A one day trip to Solo with my best friends, the five of us going to Solo! But sadly, it should have been six of us, but Lina couldn't go because she doesn't get the permission from her father.

Dan karena sudah amat sangat mepet sekali, akhirnya terpaksa kita pergi berlima aja. Rencananya, tanggal 29 kita bakalan kumpul di Stasiun Tugu jam 6.30 dan beli tiket KA Prameks ke Solo. Tapi dewi fortuna kayaknya lagi sedikit gak berpihak sama kita.

Hari itu, 29 Desember 2014 pukul 06.15
Hujan turun, biarpun cuma gerimis tapi lama kelamaan tambah deras..yaaahh gak deras-deras banget sih. Aku berangkat diampiri Nadine yang katanya gak mau berangkat sendirian, jadilah kita boncengan on the way ke Stasiun Tugu pake mantol karena hujan. Sampe sana begitu parkirin motor dan mau masuk, eh ada yang manggil. Ternyata Ifa yang juga barusan dateng naik motor.

Begitu masuk, di depan meja informasi ada Sekar sama Salsa yang udah dateng duluan, Sekar lagi ngehubungin Lina dia jadi enggak ikut ke Solo, ternyata dia gak bisa karena gak dibolehin bapaknya.
Niat kita yang mau pergi naik prameks pun tertunda, soalnya prameks udah abis. By the way, tips nih ya. Kalau musim liburan dateng pesen tiket KA jarak dekat kalau bisa lebih dari 1 -1,5 jam sebelumnnya, dikhawatirkan bakal kehabisan. Karena gak dapet prameks yang harganya lebih murah (Rp 6.000,-) dan berangkat lebih dulu, kita dapet tiket KA Sriwedari yang harganya Rp 10.000,- dan berangkat jam 09.15

Pukul 06.30 - 10.28
Walhasil karena kereta kita baru berangkat jam sembilan, kita cuma duduk-duduk gak jelas di Stasiun sambil cerita-cerita yang gak kalah gak jelasnya juga. Sempet ngobrol juga sama penunggu kereta yang lain,, sempet ke minimarket nemenin Sekar beli permen. Sempet ke kamar mandi juga. Akhirnya setelah ada pengumuman keretanya udah dateng kita langsung naik ke kereta sambil nunggu jalan. Sayang banget, kita duduknya enggak bareng-bareng yang adep-adepan itu, to make it worse tempat dudukku sama Nadine gak kedapetan jendela, jadi gak bisa deh liat-liat pemandangan di luar. Biarpun gitu, waktu masih sepi, kita tep sempetin buat.....SELFIE!

Pukul 10.28 - 18.00

Finally, arrived at Solo. More details, kita turun di Stasiun Balapan Solo itu tuh yang terkenal di lagu campursari. Begitu kita keluar, langitnya mendung, eh baru jalan sebentar aja udah gerimis. Akhirnya setelah tanya sana sini, kita ngiyup sambil nunggu angkot. Oh iya, kita rencananya mau ke Kraton Solo. Kalau mau ke Kraton Solo bisa naik angkot jalur 06, akhirnya setelah nunggu cukup lama, kita naik angkot dan desek-desekkan. Ternyata di angkot ada penumpang yang tadi sekereta sama kita yang lagi liburan di Solo juga, dan mereka sama kayak kita, gak tau apa-apa di Solo. Perjalanan naik angkot cukup lama, panas, dan sempit. Oh iya, angkot ini satu jurusan juga kalau mau ke Alun-alun Kota Solo sama Pasar Klewer. Tarif angkotnya Rp 6.000,- Begitu di Kraton, kita cuma foto-foto doang. Dan karena laper, kita sempetin beli siomay di deket situ. Karena udah masuk waktu dhuhur, kita sempetin solat di masjid deket Kraton.

(Narsis duluuuu)

(Jangan lupa lepas sandalnya, ya...)

Habis itu, kita jalan muterin Alun-alun eh..ada kerumunan, ternyata itu orang-orang yang mau ngeliat Pasar Klewer yang terbakar. Dan itu udah diberi pembatas sama polisinya. Setelah tanya sama orang setempat kita lanjut jalan ke Pusat Grosir Solo, disitu jual macem-macem mulai dari baju sampai makanan. Karena lelah kita akhirnya mampir ke foodcourt-nya. Selesai makan kita mau nyari taksi buat balik ke Stasiun Balapan, tapi ternyata taksinya isi semua. Setelah jalan sebentar, kita akhirnya naik Batik Solo Trans (BST), karena jalurnya gak ke Stasiun Balapan kita berhentinya bakalan di Stasiun Purwosari. BST-nya penuh, jadi kita harus berdiri, dan bayangin berdiri selama perjalanan, desek-desekan, jauh, macet, dan lama. Oh my...

Setelah membayar, kita turun di Stasiun. Kita langsung buru buru antri, dan by the way satu orang maksimal pesan empat tiket. Sial sekali, kawan. Tiket KA Prameks dan Sriwedari sudah habis, dan yang tersisa cuma tiket KA Madiun Jaya dan itu pun berdiri, kawan. Bayangkan, berdiri lama di BST dan harus berdiri lagi di kereta? NOOOOOOOOO!

Karena kereta berangkatnya masih lama, kita jalan-jalan muterin stasiun dan selfie! Hahaha...
Begitu masuk di kereta, kita berdiri karena yaaah...gak dapet tempat duduk. Biar gak ngantuk dan bosen, kita sempet-sempetin buat becanda, tebak-tebakan gak mutu, nyanyi gak jelas, yang penting biar kita gak ngerasa capek dalam perjalanan pulang. Begitu kita keluar dari stasiun tugu, kita sadar kita keluar di tempat yang salah, dan jauuuuuh banget dari parkiran motor. Yang berarti, harus jalan kaki jauuuuuh banget ke parkiran motor. Tapi tep fun kok! Habis itu, aku mbonceng Nadine pulang ke rumah. Dan berakhirlah perjalanan satu hari kami di Kota Solo.